Sampai disini pada hakekatnya
bangunan keislaman sudah terbentuk. Kualitas
dari bangunan tersebut
|
tergantung juga pada kualitas komponen2
pembentuknya. Hidayah atau luasnya lahan tergantung pada
|
ikhtiar atau usaha seseorang, makin giat atau makin besar usaha seseorang insya Allah makin luas
pula
|
lahan atau hidayah yang diperoleh. Begitu pula
fondasi, tiang, dinding dan atapnya, jika dibangun asal2an
|
maka yang terbentuk bangunan kualitas rendah
pula,
seperti gubuk derita atau rumah bambu yang mudah
|
terbakar dan terhempas badai.
Jika anda shalat tapi tidak membayar
zakat, ibaratnya seperti bangunan
|
tanpa dinding, seperti yang sekarang banyak dijumpai gedung2
atau bangunan yang terhenti pembangunan
|
nya, hanya tiang2 nya saja,
plong. Atau seseorang tidak berpuasa,
ibarat bangunan tanpa atap. Jadi ketiga
|
komponen dasar itu mutlak harus ada. Tidak shalat, zakat dan tidak
berpuasa, tetapi dia tetap mengaku
|
beragama islam maka yang dia
punya hanya lahan hidayah saja (mengaku islam), tetapi diatasnya belum
|
ada bangunan keislaman sama
sekali.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sampai disini sebenarnya kita
sudah bisa mengira-ngira bentuk dan besarnya bangunan keislaman yang
|
kita bangun. Lantai bangunan
diumpamakan sebagai Al Qur'an dan
Sunah Rasulullah dimana penghuninya
|
setiap berjalan dan bergerak
selalu mempunyai pijakan yaitu Al-Qur'an dan Sunah Nabi. Untuk menerangi
|
kehidupan penghuninya, dzikrullah dan salawat nabi merupakan
lampu penerang bangunan tersebut. Pintu
|
dan jendela merupakan lubang tempat masuknya tamu-tamu tak
diundang (godaan syaithan/jin/manusia).
|
Pintu rumah itu adalah kesabaran dan keikhlasan, jendela
adalah ilmu yang darimana penghuninya dapat
|
melihat dunia luar dan belajar
mengetahui mana yang benar dan salah. Dengan kesabaran, keikhlasan dan
|
ilmu penghuni dapat menangkal masuknya tamu-tamu tak diundang
tersebut. Syaithan pun akan lari jika
|
bangunan tersebut di terang-benderangi oleh lampu
dzikrullah dan salawat nabi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Warna dan model bangunan dapat
membuat siapa saja yang melihatnya tertarik. Bangunan yang bersih,
|
kokoh dan bagus, sekilas saja
dan dari kejauhan sudah tampak menarik hati banyak orang, demikian juga
|
ahlak orang mukmin sejati, membuat teduh dan menarik
hati yang melihatnya. Ahlakul karimah ini merupa-
|
kan daya pikat seorang mukmin. Seseorang
yang rajin beribadah tapi sering menyakiti hati orang lain ibarat
|
nya
seperti bangunan yang warna dan modelnya tidak menarik hati.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pagar yang mengelilingi lahan dan bangunan keislaman
ibarat sebagai Jihad Fisabilillah,
berjuang di jalan
|
Allah. Pagar ini melindungi
semua komponen yang ada didalam bangunan islam, menjamin kelangsungan
|
dan tegaknya syiar islam.
Terakhir dari bahasan ini adalah lahan tempat berdirinya bangunan keislaman
ini
|
perlu dibuatkan sertifikatnya
dengan menunailkan ibadah haji.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mudah2an perumpamaan ini dapat mempermudah
melihat posisi keberagamaan kita, sudah sejauh mana
|
komitmen keislaman kita dengan mengibaratkan atau
membayangkan bentuk bangunannya. Jika bangunan
|
kita masih rapuh atau belum lengkap atau tidak
menarik hati maka marilah kita tingkatkan bangunan keis-
|
laman kita menjadi lebih baik dan menarik hati,
bukankah kita juga sangat senang melihat rumah kita bagus
|
dan bersih? Itulah Pribadi seorang mukmin sejati,
kokoh, bersih, cantik dan menarik hati.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jakarta, 20
Dzulhijjah1421H
|
Oleh ; Arwansyah Johan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar